logo mahkamah agung
Mahkamah Agung Republik Indonesia
Pengadilan Negeri Labuha
Jl.Karet Putih Bacan Halmahera Selatan 97791 - pnlabuhabacan@gmail.com - (0927)2321002-2321055
Indonesian English French German Italian Portuguese Russian Spanish

PROSEDUR PERSIDANGAN TILANG SESUAI PERMA NO.12 TAHUN 2016


Pengadilan Negeri Labuha mulai menerapkan sidang tilang cara baru , hal ini menindaklanjuti Peraturan Mahkamah Agung RI (Perma) No. 12 Tahun 2016



Lebih lanjut

Sistem Informasi Penelusuran Perkara


Sistem Informasi Penelusuran Perkara adalah aplikasi resmi Mahkamah Agung untuk membantu para pencari keadilan dalam monitoring perkara yang ada di Pengadilan Negeri



Lebih lanjut

Direktori Putusan Pengadilan Negeri Labuha


Pencari keadilan sekarang dapat mendapatkan salinan putusan dengan cepat dan mudah dengan mengakses Direktori Putusan Mahkamah Agung RI wilayah Pengadilan Negeri Labuha secara online



Lebih lanjut

SMS Gateway


Untuk mempercepat proses penyajian laporan keuangan perkara secara efektif dan efisien, maka Mahkamah Agung melalui direktorat jenderal badan peradilan setuju untuk menguji suatu pendekatan baru untuk mengumpulkan informasi laporan keuangan perkara dan penggunaannya secara lebih cepat, efektif dan efisien.



Lebih lanjut

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum


Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional diartikan sebagaimana Pasal 1 Keppres (baca Peraturan) Presiden No 91 tahun 1999 adalah : “ Suatu sistem pendayagunaan bersama peraturan perundang-undangan dan bahan dokumentasi hukum lainnya secara tertib, terpadu dan berkesinambungan serta merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara mudah, cepat dan akurat“


Lebih lanjut

Perpustakaan Mahkamah Agung RI


Perpustakaan Mahkamah Agung RI termasuk jenis Perpustakaan Khusus, dimana prioritas dan penekanan koleksi yang dimiliki sebagian besar merupakan karya di bidang hukum dan peraturan perundang-undangan, di samping koleksi umum sebagai pelengkap koleksi perpustakaan.



Lebih lanjut
You are here: Tentang Pengadilan Profil Pengadilan Sejarah Pengadilan

 

Jaman Belanda

Pada jaman ini perkara pidana disidangkan oleh Landraad Ternate yang bersidang di Labuha, sedangkan untuk Peradilan Perdata diselesaikan oleh Peradilan Kerajaan Bacan yang dipimpin oleh Djogugu (Sekretaris Kerajaan) dan Ompu Jurutulis Ra, non Islam oleh Sangaji.

 

 

Setelah Kemerdekaan

Tahun 1945 sampai dengan 1964 untuk Pidana disidangkan oleh Lanraad Ternate yang bersidang di Labuha. Sedangkan untuk Peradilan Perdata diselesaikan oleh Kepala Kantor Urusan Agama Labuha, karena hukum adat bacan bernafaskan Hukum Islam.

Pada tahun 1965 Pengadilan Negeri Labuha diresmikan dibawah wilayah hukum Pengadilan Tinggi Makassar. Pada tahun 1966 semenjak Pengadilan Tinggi Ambon dibentuk yang merupakan pemekaran dari Pengadilan Tinggi Makassar berdasarkan UU No. 4 Tahun 1966 semenjak itu Pengadilan Negeri Labuha dibawah wilayah hukum Pengadilan Tinggi Ambon.ada tahun 1999 terjadi pemekaran wilayah Maluku menjadi Provinsi baru Maluku Utara sehingga dibentuk lagi Pengadilan Tinggi Maluku utara berdasarkan UU No.11 Tahun 2004 maka sejak itu sampai dengan sekarang Pengadilan Negeri Labuha berada dibawah wilayah hukum Pengadilan Tinggi Maluku Utara.

Adapun nama-nama Ketua / Kepala Pengadilan Negeri Labuha dari Tahun 1965 sampai dengan Sekarang adalah sebagai berikut :

  1. Nasikun, Bahwa
  2. Mulkan Ludfi, SH.
  3. A.R Sarjono, SH.
  4. Bastari Arpan, SH.
  5. MWL. Watimena, SH.
  6. Arsyad Imam, SH.
  7. A. Gasperz, SH.
  8. A. Patiasina, SH.
  9. Ketut Manika, SH.
  10. IGK. Adynatha, SH. M.Hum.
  11. I. Gab. Komang Wijaya Adhi, SH. MH.
  12. H. Hendri Agus Jaya, SH.
  13. Ardi, SH.
  14. Hapsoro Restu Widodo, SH.
  15. Kelik Trimargo, SH, MH.
  16. Ferry Marcus Justinus Sumlang, S.H.
  17. Halima Umaternate, S.H., M.H..