logo mahkamah agung
Mahkamah Agung Republik Indonesia
Pengadilan Negeri Labuha Kelas II
Jl.Karet Putih Bacan Halmahera Selatan 97791 - pnlabuhabacan@gmail.com - (0927)2321002-2321055
Indonesian English French German Italian Portuguese Russian Spanish

PROSEDUR PERSIDANGAN TILANG SESUAI PERMA NO.12 TAHUN 2016


Pengadilan Negeri Labuha mulai menerapkan sidang tilang cara baru , hal ini menindaklanjuti Peraturan Mahkamah Agung RI (Perma) No. 12 Tahun 2016



Lebih lanjut

Sistem Informasi Penelusuran Perkara


Sistem Informasi Penelusuran Perkara adalah aplikasi resmi Mahkamah Agung untuk membantu para pencari keadilan dalam monitoring perkara yang ada di Pengadilan Negeri



Lebih lanjut

Direktori Putusan Pengadilan Negeri Labuha


Pencari keadilan sekarang dapat mendapatkan salinan putusan dengan cepat dan mudah dengan mengakses Direktori Putusan Mahkamah Agung RI wilayah Pengadilan Negeri Labuha secara online



Lebih lanjut

SMS Gateway


Untuk mempercepat proses penyajian laporan keuangan perkara secara efektif dan efisien, maka Mahkamah Agung melalui direktorat jenderal badan peradilan setuju untuk menguji suatu pendekatan baru untuk mengumpulkan informasi laporan keuangan perkara dan penggunaannya secara lebih cepat, efektif dan efisien.



Lebih lanjut

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum


Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional diartikan sebagaimana Pasal 1 Keppres (baca Peraturan) Presiden No 91 tahun 1999 adalah : “ Suatu sistem pendayagunaan bersama peraturan perundang-undangan dan bahan dokumentasi hukum lainnya secara tertib, terpadu dan berkesinambungan serta merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara mudah, cepat dan akurat“


Lebih lanjut

Perpustakaan Mahkamah Agung RI


Perpustakaan Mahkamah Agung RI termasuk jenis Perpustakaan Khusus, dimana prioritas dan penekanan koleksi yang dimiliki sebagian besar merupakan karya di bidang hukum dan peraturan perundang-undangan, di samping koleksi umum sebagai pelengkap koleksi perpustakaan.



Lebih lanjut
You are here: Berita Arsip Berita

 

 

Labuha, pada hari Jumat 27 November 2020 tepat pada jam 09:00 WIT , Bertempat di Ruang Sidang Pengadilan Negeri Labuha. dalam Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Labuha, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Labuha, Para Hakim, Panitera, Sekertaris, Pejabat Kepaniteraan, Pejabat Kesektariatan, Pegawai dan honorer dan TIM dari Bank Syariah Mandiri. Pengadilan Negeri Labuha Melakukan Sosialisasi kegiatan Penerapan Budaya Kerja 5 S dan Bekerja Sama Dengan Bank Syariah Mandiri, Dalam kegiatan tersebut dari pihak Bank Mandiri Syariah Menjelaskan tentang penerapan budaya kerja 5 S yang suadah di berlakukan oleh syariah mandiri yaitu:

 

1. Tinggalkan persoalan yang ada di rumah

2. harus adanya konsisten terutama untuk security agar dapat menjaga penampilan, tutur kata dan selalu cerah, karena apabila security gagal dalam memberikan   pelayanan maka berpengaruh untuk semua pelayanan yang ada di dalam kantor

3. fungsi control security setiap waktu

4. berbaju lengkap pada saat hari libur untuk security

5. agar bau ruangan selalu tetap terjaga keharumannya

6. masalah sekecil apapun akan selalu diberi teguran

7. hindari banyak tertawa

 

DOKUMENTASI SOSIALISASI PENERAPAN BUDAYA KERJA 5 S

Labuha, pada hari Jumat 06 November 2020 tepat pada jam 16:00 WIT. Bertempat di Ruang Sidang Pengadilan Negeri Labuha, Ketua Pengadilan Negeri Labuha sebagai pemimpin rapat menyampaikan bahwa Rapat ini seharusnya dilaksanakan pada akhir bulan Oktober, namun karena terkendala beberapa hal, sehingga baru dapat dilaksanakan hari ini. Rapat tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Labuha, Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural/Fungsional, Staf dan Tenaga Honorer. dengan pembahasan materi rapat .

  1. Mengenai implementasi 5 R agar setiap hari jumat adanya olahraga ataupun tidak adanya olahraga seluruh pegawai dan honorer dapat bertangung jawab mengenai kebersihan masing-masing ruang dan hasilnya dapat di foto dan dikirim ke Grub Pengadilan Negeri Labuha.
  2. untuk sekretaris agar dibuat jadwal bimbingan security dan petugas PTSP ( Pelayanan Terpadu Satu Pintu ) dibantu dengan hakim pengawas agar security bisa lebih mengetaui syarat-syarat Pelayanan di meja PTSP ( Pelayanan Terpadu Satu Pintu ).
  3. Untuk Panitera dan Sekretaris agar selalu mengontrol SOP bagian-bagian mengenai SOP tentang perubahan waktu atau alurnya.
  4. SOP pemangilan untuk jurusita dan formasi perintah untuk jurusita tentang pemanggilan atas perintah panitera atau majelis hakim harus sama.
  5. agar setiap rapat berjenjang masing-masing bagian saja yang bersama hakim pengawas.
  6. agar segera dibuat SOP menyangkut dengan penyerahan ATK.
  7. kebersihan agar ditingkatkan lagi ruang hakim karena jarang dibersihkan
  8. untuk pak ketua agar selalu berikan solusi mengenai permasalahan yang menyangkut dengan masalah yang ada di kantor.
  9. untuk mematuhi dan selalu melaksanakan berbagai ketentuan-ketentuan yang ada pada Agreritas kepentingan mutu karena di dalamya banyak regulasi-regulasi yang menjadi pedoman kita dalam menjalankan tugas, sebagaimana yang di tugaskan oleh Pembina Mahkamah Agung melalui melalui Maklumat Nomor 1 tahun 2007 tentang Pengawasan dan pembinaan Hakim, Aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya yang diikuti oleh seluruh hakim, Penjabat Struktural, Penjabat Fungsional, Seluruh Staf dan Honor.

DOKUMENTASI RAPAT BULAN OKTOBER

Labuha, 10 November 2020 Pukul 08:00 WIT, Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional Tahun 2020, Pengadilan Negeri Labuha melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional bertempat di halaman kantor Pengadilan Negeri Labuha yang beralamat Jalan Raya Kebun Karet pada hari Selasa tanggal 10 November 2020, Upacara peringatan dimulai pukul 08.00 WIT dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Labuha Bapak Achmad Rasjid, S.H selaku Pembina Upacara dan bapak Sahril Abubakar sebagai pemimpin upacara. Upacara yang diikuti oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Labuha, Hakim, Panitera, Sekertaris, Pejabat Kepaniteraan, Pejabat Kesektariatan, Karyawan/i Beserta Honorer Pengadilan Negeri Labuha. Dilanjutkan pembacaan teks pancasila oleh Bapak Achmad Rasjid, S.H dan Diikuti oleh Seluruh peserta Upacara ,Pembacaan doa yang dibacakan oleh Bapak Sulaiman Tomia, S.H Dan susunan Acara yang dibacakan oleh Ibu Sanawivada Ak Yahya, S.H.

DOKUMENTASI UPACARA HARI PAHLAWAN NASIONAL TAHUN 2020

Pada hari Kamis tanggal 08 Oktober 2020. IMELDA ERUBUN, S.Pi selaku Juru Sita telah membacakan penetapan eksekusi berupa pengosongan bangunan yang didirikan diatas tanah dengan no perkara perdata 2/Pdt.G/2019/PN Lbh, yang terletak di Jln. Wilayah Pasar Baru desa labuha Kec. Bacan Kabupaten Halmahera Selatan.

Dalam Eksekusi Tersebut Melibatkan 10 orang dari Aparat Kepolisian yang di pimpin oleh AKP. Abdurahman Adam, dan Kepala Desa Labuha (Diwakili) Dan Pengacara Pemohon Eksekusi, maka tepat pukul 10:00 Wit oleh IMELDA ERUBUN, S.Pi selaku Juru Sita Pengadilan Negeri Labuha membacakan Penetapan Ketua Pengadilan Negeri Labuha dalam perkara Idrus Ladong (Penggugat/ Pemohon Eksekusi) melawan Saofyan Ismail., Dkk. (Para Tergugat/ Termohon Eksekusi).

Eksekusi pengosongan bangunan yang berdiri ditanah terpekara tersebut selesai dilaksanakan sekitar pukul 16:00 Wit, dalam eksekusi tersebut berjalan dengan aman dan sukses. Selanjutnya dilakukan penandatanganan berita acara pelaksanaan eksekusi yang dilakukan oleh Juru Sita, Saksi-saksi, Kasat Binmas Polres Halmahera Selatan, Kepala Desa Labuha (diwakili), Selanjutnya Juru sita menyerahkan objek eksekusi tersebut kepada Kuasa Pemohon Eksekusi .

DOKUMENTASI EKSEKUSI DI WILAYAH PASAR BARU DESA LABUHA

Labuha, pada hari Selasa 06 Oktober 2020 tepat pada jam 15:30 WIT. Bertempat di Ruang Sidang Pengadilan Negeri Labuha, Ketua Pengadilan Negeri Labuha sebagai pemimpin Pembinaan. Pembinaan tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Labuha, Panitera dan Petugas PTSP. Dengan pembahasan materi menyangkut 1. SOP PTSP yng sudah dibuat daftar Check List 2. PTSP harus berdasarkan SOP 3.SOP agar bisa mengontrol waktu penyelesaian 4. bagi Petugas PTSP untuk meja I,II siapa yang akan menginput perkara 5. Untuk petugas PTSP harus memperhatikan waktu di SOP.

DOKUMENTASI PEMBINAAN PETUGAS PTSP